PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA

Authors

  • Ariya Agustin Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Darussalam
  • M Bambang Purwanto Prodi S3 Pendidikan Bahasa, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Pengaruh, gaya kepemimpinan, kinerja guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh bersama-sama gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Metode penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau guru tetap (GT) dan guru non PNS atau guru tidak tetap (GTT) pada SMA Kabupaten Kendal, Jawa Tengah yang berjumlah 80 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Korelasi (r), Analisis Koefisien Determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) memiliki hubungan serta pengaruh yang positif dan signifikan bagi Kinerja guru (Y) di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah memiliki hubungan serta pengaruh yang positif dan signifikan bagi Kinerja guru di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, dan secara bersama-sama terdapat pengaruh signifikan dari variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Downloads

Submitted

2023-10-16

Published

2023-10-16

How to Cite

Ariya Agustin, & M Bambang Purwanto. (2023). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA. LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 55–64. Retrieved from https://ejournal.apmapi.or.id/index.php/Limeemas/article/view/12