REVOLUSIONER KURIKULUM DAN TANTANGANNYA DI ABAD KE-21
Keywords:
Revolusi, kurikulum, tantangannya, abad ke-21Abstract
Era "revolusi industri 4.0" telah secara signifikan mengubah banyak aspek kehidupan di abad kedua puluh satu. Setiap bidang kehidupan, termasuk proses pembelajaran, telah dipengaruhi oleh pertumbuhan dunia abad ke-21, yang ditandai dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam semua aspek kehidupan sehari-hari. Tujuan dari semua kegiatan belajar mengajar di sekolah harus mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk abad kedua puluh satu. Kapasitas untuk belajar berkembang dan menjadi banyak akal. Karena kemajuan yang dibuat di abad ke-21, pembelajaran menjadi lebih dinamis. Oleh karena itu, sistem pendidikan harus mampu mengatasi semua kesulitan dan persyaratan keterampilan abad ke-21. Akibatnya, pendidikan harus merencanakan program pendidikannya melalui kurikulum yang akan diajarkan kepada siswaUntuk mengakomodasi semua keterampilan dan hambatan yang tersedia, perubahan kurikulum diterapkan. Menanggapi tuntutan abad kedua puluh satu menyajikan masalah yang sangat rumit untuk kurikulum. Kurikulum dimodifikasi dengan tepat untuk memenuhi persyaratan dan tantangan ini. Tantangan sebenarnya adalah tetap berada di jalur dengan visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional. Akibatnya, kurikulum yang dapat baik secara internal maupun eksternal memenuhi kebutuhan abad ke-21 diperlukan.
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.