IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DI SDIT

Authors

  • anisa Jayanti Universitas Lampung
  • Riswanti Rini Universitas Lampung
  • Handoko Handoko Universitas Lampung
  • Sunyono Sunyono Universitas Lampung

Keywords:

Supervisi, Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi supervisi akademik di SDIT. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan supervisi akademik telah berjalan dengan baik, seperti mempersiapkan hal-hal yang diperlukan diantaranya merumuskan tujuan dan kriteria output, menetapkan jadwal, memilih pendekatan dan teknik yang digunakan, dan memilih instrumen yang sudah disepakati. 2) Pelaksanaan supervisi akademik sudah berjalan dengan baik, teknik yang digunakan yaitu kunjungan kelas dan supervisi klinis. Kepala sekolah sebelum mensupervisi mengadakan pembinaan atau diskusi kepada guru, selanjutnya melaksanakan kunjungan kelas sesuai jadwal untuk mengamati kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan guru, kemudian memanggil guru yang telah disupervisi ke ruangan kepala sekolah untuk evaluasi hasil observasi kelas. 3) Tindak lanjut hasil supervisi akademik dilakukan dengan mengadakan umpan balik secara langsung, penguatan berupa motivasi, penghargaan berupa ungkapan apresiasi, serta pembinaan dan pelatihan untuk membina dan mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan guru.

Downloads

Submitted

2024-05-06

Published

2024-04-06

How to Cite

Jayanti, anisa, Rini, R., Handoko, H., & Sunyono, S. (2024). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DI SDIT. LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 15–25. Retrieved from https://ejournal.apmapi.or.id/index.php/Limeemas/article/view/24