Tantangan Dan Kesempatan Dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

Authors

  • Meilia Rosani Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Tantangan, Kesempatan, MBKM

Abstract

Pendidikan bermutu adalah tujuan yang diharapkan dalam pendidikan. Pemerintah telah menetapkan pada tahun 2020 untuk memulai program MB-KM. Kebijakan ini mendorong mahasiswa agar dapat menguasai berbagai keilmuan yang siap digunakan dan relevan dengan kebutuhan zaman dalam memasuki dunia kerja. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana memanfaatkan program MB-KM? Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, melalui observasi, dokumen dan testimoni mahasiswa Universitas PGRI Palembang (UPGRIP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perguruan tinggi, fakultas, dan program studi memfasilitasi program MB-KM melalui kurikulum merdeka. Dosen dan Mahasiswa memanfaatkan program MB-KM. Dosen menyiapkan pembelajaran daring dan membimbing mahasiswa dalam mengikuti program MBKM. Mahasiswa dapat mengembangkan kapasitasnya, menjadi multitalenta, dikarenakan tidak hanya memahami pengetahuan dan teknologi program studinya, namun juga belajar di program studi lain di dalam kampus sendiri atau di luar kampus. Pertukaran dan saling berbaurnya antar kebudayaan, antara lain manfaat dari kegiatan pada modul Nusantara.  Pada akhirnya MB-KM menjadi Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi.

Downloads

Submitted

2023-05-07

Published

2023-04-08

How to Cite

Meilia Rosani. (2023). Tantangan Dan Kesempatan Dalam Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 21–28. Retrieved from https://ejournal.apmapi.or.id/index.php/Limeemas/article/view/3