Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar
(Studi di SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro Provinsi Lampung)
Keywords:
literasi, perpustakaan, sumber belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar di SD Islam Terpadu Al Muhsin Metro. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara purposive sampling. Sumber data penelitian adalah pendidik, peserta didik, kepala sekolah, petugas perpustakaan, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan perpustakaan sudah berjalan dengan baik dilihat dari adanya sarana, pemeliharaan, perawatan, dan koleksi buku, untuk koleksi buku fiksi sendiri belum mencapai persentase ideal, (2) pemanfaatan perpustakaan sudah berjalan dengan baik dilihat dari jam buka layanan, frekuensi kunjungan, jenis buku yang paling banyak dimanfaatkan, materi pelajaran yang digunakan, akses peminjaman yang ditawarkan, dan adanya pojok baca yang mendukung, (3) pembiasaan pendidik melakukan pembelajaran di perpustakaan sudah berjalan dengan baik dilihat dari jadwal kunjungan dan pembiasaan perilaku positif yang telah diterapkan, (4) faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan perpustakaan paling banyak dijumpai pada faktor eksternal yaitu kurang luasnya bangunan perpustakaan sebagai faktor penghambat dan buku yang bervariasi sebagai faktor pendukung, (5) upaya dalam meningkatkan jumlah pengunjung dilakukan dengan cara pemberian layanan yang baik, promosi perpustakaan kepada peserta didik, dan penciptaan kondisi perpustakaan yang nyaman dan kondusif.
Downloads
Submitted
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah LIMEEMAS

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.