Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Authors

  • Shintia Sasmia FKIP Universitas Lampung
  • Riswanti Rini FKIP Universitas Lampung
  • Amrina Izzatika FKIP Universitas Lampung
  • Supriyadi FKIP Universitas Lampung

Keywords:

hasil belajar, pemanfaatan sumber belajar perpustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan sumber belajar perpustakaan terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV. Metode penelitian ini adalah ex-post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 83 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 83 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD dengan koefisien korelasi 0,859 berada pada taraf “sangat kuat”.

Downloads

Submitted

2023-05-07

Published

2023-04-12

How to Cite

Shintia Sasmia, Riswanti Rini, Amrina Izzatika, & Supriyadi. (2023). Pemanfaatan Sumber Belajar Perpustakaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. LIMEEMAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 47–54. Retrieved from https://ejournal.apmapi.or.id/index.php/Limeemas/article/view/6